10 Tips Desain Dapur Master Chef Ala Jasa Desain Interior Rumantik

Pernah menonton acara Master Chef di televisi? Atau mungkin anda merupakan salah satu fans die hard-nya Chef Juna? Nah, ketika menonton acara master chef ini terkadang kita jadi ingin ikutan makan atau masak juga ya. Anda tentu juga memperhatikan bagaimana penataan cabinet dan counter dalam dapur master chef tersbut bukan?

Atau ketika menonton video tutorial memasak yang dilakukan para chef kenamaan seperti Gordon Ramsey, hal lain selain makanan yang cukup eye catching adalah bagaimana penataan interior atau bagaimana desain interiornya. Mungkin anda mempunyai keinginan untuk membuat dapur rumah anda seperti dapur-dapur chef idola anda atau ala master chef, namun belum memiliki ide mau dibagaimanakan dan berapa kira-kira cost yang dibutuhkan, jasa desain interior Rumantik dapat membantu anda.

Jasa desain interior Rumantik dipegang oleh para desainer interior yang telah cukup lama menggeluti bidang desain interior, sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan desain interior dapur anda pada jasa desain interior Rumantik. Berbicara soal desain interior dapur, ada beberapa tips yang diberikan jasa desain interior Rumantik untuk anda yang hendak mendesain ulang dapur anda agar terlihat lebih neat dan keren ala master chef. Berikut beberapa tips dari jasa desain interior Rumantik:

1. Prioritaskan peralatan masak yang diperlukan

Tips pertama dari jasa desain interior Rumantik untuk desain interior dapur ini yakni pilih dan list peralatan memasak mana yang memang paling sering digunakan. Kemudian, atur peralatan memasak tersebut di tempat-tempat yang mudah anda akses. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mobilitas anda di dapur. Anda tentu sering melihat para chef biasanya sangat cepat dan sigap dalam mempersiapkan segala peralatan memasak yang dibutuhkan bukan? Hal ini karena mereka memang sudah meletakkan peralatan memasak di tempat yang mudah dijangkau sehingga ketika membutuhkan peralatan memasak tertentu anda dapat dengan cepat menjangkaunya. Peralatan memasak yang tidak terlalu sering digunakan dapat anda letakkan di cabinet penyimpanan.

Baca Juga :  Penggunaan Jasa Desain Interior Untuk Berbagai Kebutuhan Ruangan Baik Tempat Tinggal ataupun Tempat Usaha       

2. Peletakkan counter juga perlu diperhatikan

Tips kedua dalam mendesain interior dapur rumah anda dari jasa desain interior Rumantik adalah perhatikan peletakkan counter. Bentuk counter L dapat memudahkan mobilitas anda ketika sedang “bekerja” di dapur. Jika memang terbatas, peletakkan counter satu garis dengan mini bar di dekatnya juga bisa menjadi pilihan. Letakkan mini bar sejajar dengan counter memasak anda. Namun jika anda memiliki space dapur yang memang cukup luas, anda dapat memposisikan counter dengan bentuk L yang tidak hanya memudahkan anda, namun juga mempercantik dapur anda.

3. Bingung dimana menaruh clean up station?

Nah bagi anda yang bingung dimana harus menaruh clean up station, jasa desain interior Rumantik punya solusinya. Jika anda meletakkan cooking station di bagian sebelah kiri dari counter di dapur anda, posisikan clean up station di sebelah kanan, pun sebaliknya. Tidak direkomendasikan untuk meletakkan clean up station di bagian tengah karena akan memberikan kesan penuh dan kotor.

Anda dapat memposisikan sink, dan mesin pencuci piring di bagian yang berlawanan dengan microwave dan kompor. Peletakkan clean up station di bagian yang berlawanan dengan cooking station juga dengan asumsi bahwa anda tentu membutuhkan space yang luas untuk memasak bukan? Nah, jika sink dan mesin pencuci piring ditaruh di tengah, itu akan memakan tempat dan memberikan kesan yang kurang rapi.

4. Dapur kecil namun barang banyak?

Jika anda memiliki ukuran dapur yang tidak terlalu luas, namun anda memiliki cukup banyak barang dan peralatan memasak, guna menghindari kesan “penuh” dan sempit, kita bisa menggunakan warna putih sebagai tema dapur kita. Tidak hanya warna cat tembok saja, namun pemilihan warna counter, hingga peralatan dapur lain macam piring dan lain-lain juga menggunakan warna putih. Hal ini guna memberikan kesan neat dan lebih luas pada dapur anda.

Baca Juga :  Jasa Interior Kamar Hotel Gaya Industrial         

5. Cabinet tertutup atau terbuka?

Satu lagi tips dari jasa desain interior Rumantik mengenai pemilihan cabinet. Bagi anda yang memang memiliki keahlian menata barang-barang dengan baik, memilih cabinet atau shelf dengan model terbuka dapat menjadi pilihan. Namun jika hal tersebut dirasa akan membuat dapur anda terlihat berantakan, pilihlah shelf atau cabinet dengan model tertutup. Hal ini dapat digunakan untuk “menyembunyikan” peralatan memasak yang mungkin sudah jarang terpakai dan kurang layak.

6. Pencahayaan itu penting

Tips selanjutnya dari jasa desain interior Rumantik bagi anda yang hendak mendesain ulang dapur anda ala Master chef adalah tentang pencahayaan. Sebenarnya, jika anda lihat, dapur-dapur chef biasanya tidak terlalu neko-neko atau tidak macam-macam dan minimalis namun dengan pencahayaan yang tepat memberikan kesan ruangan menjadi lebih “hidup” dan elegan. Pencahayaan memang memegang peranan cukup penting dalam mendesain interior dapur, anda dapat memilih lampu gantung sederhana dengan watt yang terang agar tidak mengganggu anda dalam melakukan kegiatan di dapur.

7. Pilih bahan kitchen set yang kuat

Tidak hanya penampilan saja yang perlu diperhatikan, namun juga kualitas yang dimiliki. Tips lain dari jasa desain interior Rumantik adalah pilih kitchen set berbahan kuat. Tidak mau kan, lagi masak tiba-tiba masakan kita kejatuhan bubuk kayu dari cabinet di atasnya? Nah, hal ini perlu menjadi perhatian. Memang, kita tentu ingin tampilan dapur kita cantik dan rapih, namun juga jangan mengesampingkan kualitas. Kualitas tetap menjadi fokus utama sebelum penampilan ya!

8. Letakkan peralatan masak pada dinding

Kita bisa memanfaatkan space kosong di dinding untuk meletakkan peralatan memasak yang memang sering digunakan. Peletakkannya dapat dibuat vertikal agar tidak terlalu memakan tempat dan tetap terlihat rapi. Kita bisa meletakkan peralatan memasak tersebut di bagian sisi kanan atau yang dekat dengan cooking station agar lebih mudah dijangkau ketika kita membutuhkannya.

Baca Juga :  5 Desain Interior Rumah Mewah

9. Perabotan mengkilat ala master chef? Boleh juga

Tips selanjutnya dari jasa desain interior Rumantik adalah tentang pemilihan perabotan. Anda dapat memilih perabotan dengan aksen mengkilat atau yang terbuat dari stainless steel untuk memberikan kesan mewah pada dapur anda. Pemiilihan warna mengkilat juga menghindarkan kesan kotor karena warna yang cenderung abu-abu mengkilat cukup dapat menyamarkan kesan kotor.

10. Menggunakan piranti memasak yang up to date

Dapur master chef biasanya menggunakan piranti memasak yang up to date alias mengikuti jaman. Nah, anda yang memiliki budget lebih dapat mengganti piranti memasak anda dengan yang lebih up to date. Tidak hanya untuk gegayaan, piranti memasak yang up to date juga akan memberikan pengalaman memasak yang berbeda bagi anda tentunya bukan?

Nah itu tadi 10 tips desain interior dapur master chef ala jasa desain interior Rumantik yang mungkin dapat memberikan anda sedikit gambaran dalam mendesain interior dapur rumah anda. Jika anda tidak ada waktu untuk mendesain sendiri dapur rumah anda, anda dapat percayakan desain interior dapur anda pada jasa desain interior Rumantik yang tentunya menawarkan harga yang reasonable. Semoga artikel ini dapat membantu!