Begini Cara Menata Kamar Mandi yang Sehat Anti Lembab

Sobat Rumantik, setelah sebelumnya kita sudah pernah membahas tips menata kamar ala drama korea, kemudian beberapa inspirasi menata dapur anda ala masterchef, kali ini jasa desain interior rumantik kembali berbagi tips menarik seputar penataan interior rumah yang cukup vital, yakni kamar mandi.

Kamar mandi memang bukan ruangan utama dimana anda sering menghabiskan waktu, namun, pengaturan interior kamar mandi juga harus diperhatikan dengan baik agar tidak lembab dan tetap sehat tentunya.

Memiliki kamar mandi yang sehat dan bebas lembab tentu harapan kita semua bukan? Meskipun kita mungkin hanya akan menghabiskan waktu 25-30 menitan di dalam kamar mandi, menata kamar mandi juga perlu diperhatikan kesehatannya. Kamar mandi yang lembab juga rentan menimbulkan jamur dan lumut, dan tentunya membuat tidak nyaman ya.

Oleh karenanya, jasa desain interior rumantik menawarkan beberapa tips menarik yang bisa anda terapkan dalam menata kamar mandi anda agar tetap bersih dan sehat, dan tentunya anti lembab. Berikut beberapa tips menata kamar mandi agar sehat dan tetap terawat ala jasa interior desain rumantik:

1. Pisahkan area basah dan area kering

Jika anda melihat kamar mandi di hotel, if you notice, tentu anda akan melihat pemisahan ini. Benar, area basah dan area kering dibuat terpisah. Mudahnya begini, anda dapat meletakkan shower dan bathtub di area basah. Kemudian kloset, wastafel dan lemari di area yang kering. hal ini akan mengurangi resiko lembab, adanya genangan air sabun di seluruh kamar mandi yang menimbulkan potensi licin dan membahayakan.

Konsep basah-kering ini sudah banyak diaplikasikan di hotel-hotel berbintang dan tentu saja dapat diaplikasikan di kamar mandi rumah anda. Sebagai pemisahnya, anda dapat menggunakan kaca atau tirai penutup (pada bagian shower) agar area kering tidak terkena cipratan shower.

Baca Juga :  Inspirasi Desain Interior Rumah Type 45

2. Pilihlah warna-warna terang

Tips nomor dua ala jasa desain interior rumantik adalah pilihlah warna-warna terang untuk kamar mandi anda. Sebenarnya, anda dapat memilih warna sesuka hati, namun, ingat, warna akan mempengaruhi pencahayaan di dalam kamar mandi anda. Anda dapat memilih warna-warna terang macam “putih” atau krem, agar pencahayaan yang dihasilkan dapat lebih maksimal.

Agar lebih maksimal, gunakan furniture pendukung yang berwarna senada atau transparan. Hal ini berguna untuk “meneruskan” cahaya yang ada. Warna-warna terang juga menghindari kesan kumuh dan suram dari kamar mandi. Jadi nggak takut kan kalau ke kamar mandi.

3. Ventilasi itu perlu

Memang tidak banyak yang menyukai adanya lubang ventilasi di kamar mandi, karena simpel, mereka takut privasinya terganggu ketika menggunakan kamar mandi, namun hal ini tidak sepenuhnya benar lho. Ventilasi pada kamar mandi memang cukup penting dan sebaiknya dipertimbangkan untuk ada.

Mengapa? sirkulasi udara yang baik di kamar mandi akan menghindarkan anda pada kelembaban dan jauh lebih sehat bukan? Nah untuk mengatasi masalah privasi, anda dapat memanfaatkan tanaman untuk “menutupi” lubang ventilasi dari bagian depan. Penyusunan lubang yang tidak simetris juga dapat anda gunakan agar orang tidak dapat dengan mudah melihat.

4. Penyusunan pipa yang sejajar dengan layout

Tips selanjutnya adalah soal perpipaan. Anda tentu sudah paham bahwa susunan pipa dengan banyak sambungan akan lebih berpotensi menimbulkan masalah bukan? Mengapa? karena sambungan-sambungan macam ini rawan mengalami kebocoran dan masalah lain macam mampet, atau konstruksi yang rusak. Nah oleh karena itu, furnitur perlu diatur sejajar dengan jaringan pipa agar memudahkan anda nantinya.

5. Agar lebih higienis, hindari furnitur yang harus disentuh

Higienitas merupakan satu hal penting yang harus diperhatikan di kamar mandi, selain wajib adanya hand sanitizer, hal yang perlu anda perhatikan adalah pemilihan furniture di dalam kamar mandi. Usahakan untuk tidak memilih banyak furnitur yang perlu disentuh. Anda dapat mengganti keran pada sink dengan yang otomatis, hand dryer, tempat sampah injak, kloset injak, urinoir infrared dan furniture pengganti lainnya yang tidak memerlukan sentuhan.

Baca Juga :  Tips Memilih Furniture Kayu Jati

Nah itu tadi beberapa tips menata kamar mandi anti lembab dan higienis ala jasa desain interior rumantik, semoga artikel ini dapat membantu ya!