Tips Memilih Furniture Kayu Jati

Mempertimbangkan pemilihan kayu jati sebagai furniture yang digunakan di dalam rumah anda memang sebuah pilihan yang tepat. Mengapa? Anda tentu sudah mengetahui bahwa furniture dengan bahan dasar kayu jati memiliki durability yang cukup baik.

Terkenal dengan kokoh dan kuat merupakan salah satu ciri furniture yang dibuat dari kayu jati, oleh karenanya, furniture berbahan dasar kayu jati ini sering dipilih. Namun, tidak semua kayu jati berkualitas bagus dan dapat anda jadikan furniture. Berikut ini beberapa tips memilih furniture dengan bahan dasar kayu jati dari jasa desain interior Rumantik yang bisa anda aplikasikan dalam memilih furniture berbahan dasar kayu jati:

1. Pilih furniture dengan bahan kayu jati tua

Tips yang pertama dari jasa desain interior Rumantik adalah pilihlah furniture dari kayu jati tua. Nah untuk memudahkan anda dalam memillih furniture kayu jati, mebel atau furniture yang terbuat dari kayu jati tua biasanya memiliki ciri-ciri seperti: berat kayu lebih berbobot alias terasa lebih berat, warnanya coklat kemerahan, serat kayu terlihat lebih padat dan tanpa lubang-lubang. Kayu jati tua lebih unggul dan banyak dicari, oleh karenanya, harga yang ditawarkan juga mungkin lebih tinggi.

2. Jangan pilih furniture jati yang terdapat lubang-lubang kecil

Tips nomor dua dari jasa desain interior rumantik adalah jangan pilih mebel jati yang terdapat banyak lubang-lubang kecil (cocoh). Lubang-lubang kecil yang disebut cocoh atau trocoh ini semacam dent yang dibuat oleh serangga kecil yang menjadikannya rumah. lubang-lubang ini akan membuat furniture kayu jati anda menjadi berongga dan tidak cukup kuat. Memilih furniture kayu jati yang memiliki cocoh juga membuat furnitur anda berkurang durabilitynya. Oleh karenanya, hindari memilih furniture kayu jati yang memiliki cocoh ya!

Baca Juga :  Hal-hal Penting dalam Mendesain Interior Kamar Tidur, Cek Disini

3. Produk dengan finishing yang bagus

Dalam memilih furniture berbahan kayu jati anda juga perlu memperhatikan finishingnya. Walaupun secara ketahanan produk furniture berbahan kayu jati ini sudah teruji karena tidak disukai rayap, anda juga perlu memperhatikan finishingnya. Pilih yang halus dan memiliki finishing yang baik. Finishing tebal akan menutup semua pori-pori kayu. Mudahnya begini, coba diraba permukaan furniture berbahan kayu jati tersebut. Kalau halus dan tidak bergelombang berarti finishing yang digunakan bagus. Jadi pilihlah furniture berbahan dasar kayu jati yang jika diraba halus dan tidak bergelombang ya!

4. Desain dan ukuran juga perlu diperhatikan

Memilih desain dan ukuran yang sesuai dengan ruangan di rumah anda juga dapat menjadi bahan pertimbangan. Kebanyakan furniture yang terbuat dari kayu jati berukuran besar seperti, kursi tamu kayu jati, ukiran hiasan dinding, atau bahkan ranjang.

Dalam memilih furniture berbahan dasar kayu jati, selain kualitas anda juga perlu memperhatikan desain dan ukurannya. Semakin menarik suatu desain, semakin dapat mempercantik ruangan anda bukan? Ukuran yang sesuai dengan ruangan di rumah anda juga menghindarkan anda dari kesan “sempit”. Oleh karenanya, desain dan ukuran cukup penting untuk diperhatikan.

5. Harga

Nah tips memilih furniture berbahan dasar kayu jati yang selanjutnya adalah soal harga. Anda tentu sudah mengetahui bahwa harga kayu jati maupun harga furniture berbahan kayu jati tidaklah murah bukan? Hal ini perlu anda ketahui sebelum memilih untuk mencari furniture berbahan kayu jati. Namun anda tidak perlu ragu karena memilih furniture berbahan dasar kayu jati berarti anda sudah menginvestasikan uang anda ke jalan furniture yang benar.

Mengapa? karena kayu jati tidak “rewel” dalam perawatannya. Selain itu, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa kayu jati memiliki durability yang baik sehingga anda mungkin tidak perlu mengganti furniture anda setahun sekali namun sesuai dengan kemauan anda. Jadi, mahal sedikit namun awet akan lebih worthy bukan? daripada murah tapi sering diperbaiki.

Baca Juga :  Gunakan Jasa Desain Interior Dapur Agar Terlihat Seperti Dapur Koki Masak

Nah itu tadi beberapa tips dalam memilih furniture berbahan dasar kayu jati ala jasa desain interior rumantik. Bagi anda yang sedang mencari furniture berbahan dasar kayu jati, semoga tips di atas dapat memberikan sedikit gambaran dan menjadi bahan pertimbangan anda dalam membeli furniture ya. Semoga artikel ini dapat membantu!